Pengantar Tugas Purnabhakti Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara 


Jakarta - ditjenmiltun.net. Bertempat di Lantai 12 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav 58, Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat, diselenggarakan Kegiatan Pengantar Tugas Purnabhakti Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara pada Hari Senin, 10 Juni 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum selaku Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, Mantan Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H., Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Dr. Zarof Ricar, S.H., S.Sos., M.Hum., Perwakilan dari Unit Eselon I lainnya di Lingkungan Mahkamah Agung RI, Kepala Pengadilan Militer Utama, Kepala/Ketua Pengadilan Tingkat Banding pada Lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara di Wilayah Jakarta, Kepala/Ketua Pengadilan Tingkat Pertama pada Lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara di Wilayah Jakarta, Kelompok Hakim Pengadilan Militer Utama, Perwakilan Hakim Pengadilan Tingkat Banding pada Lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara di Wilayah Jakarta, dan Para Tamu Undangan. 

Kegiatan ini diawali dengan Pembacaan Do'a oleh H. Ishaka, S.H., M.H. (Kepala Seksi Mutasi Hakim Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara. Selanjutnya, Panitia menayangkan Video Selayang Pandang Perjalanan Karier Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. Saat Video ditayangkan rasa haru bercampur decak kagum terlihat di raut wajah Para Hadirin dan Tamu Undangan yang hadir dalam kegiatan ini. Berikutnya, Panitia memberikan kesempatan kepada Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. untuk menyampaikan kesan dan pesannya selama bertugas di Mahkamah Agung RI khususnya pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Disela-sela penyampaian kesan dan pesannya,  Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H Mohon Maaf Lahir dan Bathin kepada seluruh Para Hadirin dan Tamu Undangan yang hadir dalam kesempatan ini.  Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. selaku Mantan Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaannya untuk melaksanakan tugas di Mahkamah Agung, dan dalam kesempatan ini  Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. juga memohon maaf apabila selama dalam bertugas belum maksimal sehingga masih terdapat kekurangan-kekurangan khususnya dalam hal yang terkait dengan kebijakan-kebijakan.

Tidak lupa,  Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. juga berterimakasih atas kerjasama dan dukungan yang diberikan oleh segenap Keluarga Besar Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara beserta Satuan Kerja (Pengadilan) yang berada di bawahnya. Di penghujung kesan dan pesannya,  Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. memohon doa restu agar di masa Purnabhaktinya senantiasa diberikan kebahagiaan, kesehatan, bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT.  Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. juga menyampaikan bahwa dalam perjalanan kariernya selalu berpindah-pindah, sebagai informasi awal karier beliau dimulai dari Prajurit Polisi, kemudian Oditur, lalu Penasihat Hukum dan selanjutnya menjadi Hakim hingga kini menjadi Pejabat Eselon I. Ada yang menarik dari Pesan yang disampaikan oleh  Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H., yakni "Bagi Seorang Prajurit Tidak Mengenal Kata Pensiun, Jiwa Prajurit Selalu Melekat Di Hati dan Jiwa".  Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. juga berharap agar Jajaran Personil baik di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara maupun di Lingkungan Satuan Kerja agar selalu semangat, bekerja keras, bekerja cerdas, tertib hukum dan tertib administrasi demi Mewujudkan Cita-Cita Menggapai Badan Peradilan Yang Agung. 

Setelah penyampaian Kesan dan Pesan, kegiatan dilanjutkan dengan Sambutan Sekretaris Mahkamah Agung RI Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum yang juga selaku Plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Dalam sambutannya, Sekretaris Mahkamah Agung RI menyampaikan setelah Masa Purnabhakti kesempatan terbuka luas dan terbuka lebar untuk mewujudkan cita-cita yang terbelenggu karena tugas dan tanggung jawab, cita-cita yang belum tewrujud karena harus terhalang tugas-tugas dan tanggung jawab yang selama ini menjadi beban yang harus dijalani. Oleh karenanya, kita senantiasa bersyukur dalam Masa Purnabhakti karena dapat menikmati tugas baru dan dapat terus mengembangkan kualitas kehidupan juga mengembangkan kualitas ilmu agar dapat disumbangkan kepada lingkungan sekitar. 

Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum juga mengingatkan bahwa Banyak Pejabat, Banyak PNS yang tidak dapat mengakhiri Purnabhakti dengan baik dan benar karena satu dan lain hal. Oleh karenanya, Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum menghimbau mengenai waktu yang disediakan kepada kita semua untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum juga menyatakan bahwa "Tidak Ada Istilah Purnabhakti Bagi Manusia, karena Purnabhakti Bagi Manusia pada Hakekatnya ialah Selesainya Tugas sebagai Manusia di Dunia ini". Tak lupa, Sekretaris Mahkamah Agung RI mengucapkan terimakasih kepada  Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. atas semua pengabdian dalam tugas dan tanggung jawabnya. 

Sebagai informasi, selain  Mayjen TNI (Purn) Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H., dalam kegiatan ini juga turut mengundang dan mengantar tugas Purnabhakti bagi Kartono, S.H., M.H. dan H. Muhammad Adil, S.H., M.H. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Pemberian Kenang-kenangan dan ditutup dengan Foto Bersama. Kegiatan Pengantar Tugas Purnabhakti diakhiri dengan ramah tamah (santap siang) dan pada puncaknya dihelat Prosesi Pedang Pora yang berlangsung dengan penuh khidmat di Lobby Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI. 


(@x_cisadane)

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca