1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Ditulis oleh @x_cisadane 19 Januari 2016

Bimbingan Teknis Pelaksanaan Anggaran Tahun 2016

Bimbingan Teknis Pelaksanaan Anggaran Tahun 2016 















Pada Hari Senin Tanggal 18 Januari 2016 dan Selasa 19 Januari 2016 bertempat di Ruang Rapat Besar Ditjen Badilmiltun Lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI Jalan Ahmad Yani, telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Pelaksanaan Anggaran 2016 di lingkungan Ditjen Badilmiltun. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing unit kerja Dit Binganisminmil sebanyak 2 orang, Dit Binganismintun sebanyak 4 orang, Dit Pratalak Mil sebanyak 2 orang, Dit Pratalak TUN sebanyak 2 orang dan dari Sekretariat Ditjen Badilmiltun sebanyak 12 orang. Kegiatan Bimbingan Teknis ini dibuka oleh Bapak Dedi Waryoman, S.Sos, M.H. selaku Plt Sekretaris Ditjen Badilmiltun dan kegiatan ini juga dimotori oleh Bapak Kosasih, S.H., M.H. selaku KaSubag Pengeluaran Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung Republik Indonesia. 

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan oleh masing-maasing unit kerja yang memiliki tupoksi sehingga untuk menghitung besaran biaya yang dikeluarkan sesuai pagu adalah yang mempunyai kegiatan tersebut. Sebagai contoh perhitungan biaya mutasi ke daerah, komponen apa saja yang dimutasikan atau berapa orang yang mengikuti mutasi. Seperti Pegawai/TNI yang istri atau suaminya Pegawai Negeri juga atau TNI tidak bisa semata-mata dapat dibiayai dari anggaran mutasi tersebut karena suami/istri tersebut tidak ikut mutasi. Demikian juga anak/anggota keluarga yang kebetulan masih kuliah, tentunya anak tersebut tidak harus ikut mutasi orang tuanya karena di tempat yang baru belum tentu ada perguruan tinggi yang sama.

Sementara itu Bapak Kosasih, S.H., M.H. selaku narasumber memaparkan mulai dari tupoksi Pejabat Pengelola Keuangan, dasar hukumnya, tanggung jawabnya serta pendokumentasian (administrasi) pelaksanaan anggaran agar semua berjalan tertib, transparan, rapi dan akuntabel terutama 3 (tiga) Pejabat Pengelola Keuangan, yaitu : PPK, PPSPM dan Bendahara Pengeluaran. Pada umumnya yang mnejadi PPK itu mendapat tugas/jabatan yang lain (memiliki tupoksi sendiri), sedangkan PPK harus dapat mengendalikan semua kegiatan yang ada pada satuan kerjanya. 


Ditulis oleh @x_cisadane 18 Januari 2016

Rapat Koordinasi Sekretariat Ditjen Badilmiltun 18 Januari 2016

Rapat Koordinasi Sekretariat Ditjen Badilmiltun 18 Januari 2016 











Pada Hari Senin Tanggal 18 Januari 2016 bertempat di Ruang Rapat Besar Ditjen Badilmiltun Lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI Jalan Ahmad Yani, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi di lingkungan Sekretariat Ditjen Badilmiltun. Acara tersebut dimulai pukul 09.30 wib sampai dengan 12.00 wib dan dipimpin oleh Bapak Dedi Waryoman, S.Sos., M.H. selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Ditjen Badilmiltun dan juga dihadiri oleh Pejabat Eselon III dan IV beserta Staff di lingkungan Sekretariat Ditjen Badilmiltun. Adapun Bapak Dedi Waryoman, S.Sos., M.H. selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Ditjen Badilmiltun membuka rapat koordinasi dengan menyampaikan beberapa agenda rapat yang langsung dijelaskan oleh masing-masing kepala bagian. Selanjutnya pimpinan rapat mempersilahkan Kepala Bagian Keuangan, Kepala Bagian Organisasi dan Ketatalaksanaan, Kepala Bagian Kepegawaian dan Kepala Bagian Umum untuk menyampaikan presentasinya sesuai agenda masing-masing secara bergantian.

Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan dalam paparannya menyampaikan realisasi penyerapan anggaran DIPA Ditjen Badilmiltun yang terdiri dari :

  1. Serapan Belanja Pegawai;  
  2. Serapan Belanja Modal;  
  3. Serapan Untuk Masing-masing Unit Eselon II Ditjen Badilmiltun Secara Rinci.   

selain mengevaluasi kegiatan tahun 2015 juga disampaikan kepada masing-masing unit kerja yang belum menyerahkan TOR dan RAB untuk kegiatan tahun 2016 dan diminta mempersiapkan TOR dan RAB untuk kegiatan 2017.

Kepala Bagian Organisasi dan Ketatalaksanaan memaparkan semua hasil kegiatan harus terdokumentasi secara lengkap karena dalam rangka memenuhi tuntutan reformasi birokrasi dan persiapan untuk audit internal maupun eksternal diantaranya yaitu :  

  1. Mempersiapkan kelengkapan data sehubungan dengan audit BPK; 
  2. Agar para pegawai lebih memaksimalkan penyelesaian pekerjaan;
  3. Kepada Pejabat Pengadaan (Bapak Sadiman, S.H., M.H.) untuk mempersiapkan bukti fisik dari setiap aplikasi baik berupa software dan hardware. Mengundang Vendor untuk klarifikasi jika ada temuan dari Badan Pengawasan maupun BPK; 
  4. Kepada Kasub Bag Tata Usaha (Bapak Suraji, S.H.) agar mempersiapkan kelengkapan surat keputusan yang dibutuhkan oleh Badan Pengawas dan BPKP jika diadakan uji petik dalam rangka reformasi birokrasi.

Kepala Bagian Kepegawaian melakukan sosialisasi Aplikasi E-Government terkait SDM Aparatur (Kepegawaian) seperti misalnya :  

  1. Sosialisasi SIKEP, dalam rangka pengisian kelengkapan data kepegawaian seluruh personil, baik Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, maupun tenaga Staff yang ada di lingkungan Ditjen Badilmiltun. Sampai dengan Bulan September 2015 in-progress capaian untuk Ditjen Badilmiltun sudah mencapai 100%, dan untuk melihat kelengkapan data masing-masing ditayangkan SIKEP para peserta rapat sebagai sample
  2. Sosialisasi e-Dokumen, dalam rangka pengisian e-Dokumen ada 5 point penting yang wajib dipenuhi yaitu : SK CPNS, SK PNS, SK Kepangkatan Terakhir, SK Jabatan Terakhir dan Ijazah sudah dilaksanakan;
  3. Sosialisasi e-PUPNS dalam rangka pendaftaran ulang PNS dengan cara mengisi aplikasi yang telah dibangun oleh BKN, untuk kegiatan ini Kepala Bagian Kepegaiawan telah mengadakan sosialisasi kepada masing-masing perwakilan dari Unit Eselon II yang ditunjuk dan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 02 Oktober 2015; 
  4. Sosialisasi SiHarKa dalam rangka pendataan daftar harta kekayaan PNS sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang ASN. Hal ini diwajibkan kepada seluruh PNS untuk mengisi daftar harta kekayaan dalam Aplikasi SiHarKa yang dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) secara keseluruhan telah dilaksanakan.

Selain hal-hal tersebut di atas, dalam kegiatan rapat koordinasi ini juga membahas beberapa hal terkait dengan kegiatan rutin di lingkungan Ditjen Miltun, seperti diantaranya :  

  1. Mengenai Tata Ruang Kantor tidak disediakan anggaran pada DIPA Ditjen Badilmiltun; 
  2. Solusi untuk meringankan beban biaya Instruktur Senam dari lingkungan Ditjen Badilmiltun secara swakelola;
  3. Biaya karangan bunga untuk ucapan bela sungkawa (duka cita) akan dibahas lebih lanjut; 
  4. Potongan Uang Makan yang akan dikumpulkan oleh masing-masing Kepala Bagian (Eselon III) untuk dipergunakan dalam rangka menunjang kegiatan-kegiatan penting, seperti misalnya : Ramah Tamah Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Halal Bihalal, HUT MA RI, dan pemberian THR untuk para Pegawai dan Honorer. Adapun besaran Potongan Uang Makan adalah sebagai berikut : 
  • Eselon I : Rp. 250.000,- 
  • Eselon II : Rp. 200.000,- 
  • Eselon III : Rp. 150.000,- 
  • Eselon IV : Rp. 100.000,-



17 Januari 2016

Pelaksanaan Kegiatan Training of Trainer Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara

Mega Mendung - Sejak tanggal 10 sampai dengan 16 Januari 2016 di Pusdiklat MARI Mega Mendung, Bogor, Proyek Sustain UNDP dan Mahkamah Agung RI menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (TOT) aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) untuk empat badan peradilan, yaitu Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Sebanyak 150 orang peserta dan 22 orang pelatih mengikuti kegiatan tersebut. 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI, Nurhadi, SH, MH pada Senin, 11 Januari 2016, dengan sebelumnya disampaikan laporan dari pihak penyelenggara, Proyek Sustain UNDP, Mr. Gilles Blanchi.

Sekretaris MARI menyempaikan perjalanan SIPP sejak tahun 2012, mulai dari SIPP versi 1.0, 2.0, 3.00, 3.01 untuk Peradilan Umum, hingga yang sekarang yang dibangun untuk 4 peradilan, SIPP 3.1.1. Beliau juga menyatakan bahwa mengubah sistem konvensional menuju sistem otomatisasi bukanlah pekerjaan yang mudah, karena yang dihadapi adalah pola pikir yang didalamnya pasti ada kepentingan-kepentingan yang dirugikan, hal inilah yang menyebabkan adanya resistensi dari beberapa pihak. Namun demikian, demi terwujudnya misi dan misi MARI maka tidak boleh menyerah, hal ini sudah dibuktikan melalui SIPP, MARI telah berhasil melakukan akselerasi/percepatan terhadap cetak biru MARI. Sekretaris MARI juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta, bahwa SDM yang bagus akan percuma tanpa adanya kemampuan untuk mengeksekusi, dan untuk memiliki kemampuan eksekusi tersebut diperlukan adanya karakter kerja keras, pantang menyerah, disiplin, perfeksionis, dan tidak kompromi terhadap hasil akhir.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dari tanggal 12 sampai dengan 14 Januari 2015, selama pelatihan para peserta dibagi ke dalam tujuh kelas dengan pembekalan materi mulai dari jaringan, database, penginstallan, dan bisnis proses empat badan peradilan. Selanjutnya para peserta unjuk gigi dengan mempresentasikan apa yang telah mereka ketahui tentang aplikasi SIPP didepan para juri yang terdiri dari para hakim dari empat badan peradilan, para peserta lainnya dan para pelatih pada 15 Januari 2016.

Pada malam harinya kegiatan ditutup oleh Ariyo Bimmo dari Proyek Sustain UNDP, bersama Joko Upoyo Pribadi, SH, Kabag Pemeliharaan Sarana Informatika Biro. Hukum Dan Humas MARI, dan Sunarto, SH, MH, Hakim Tinggi PA Banten yang merupakan salah satu peserta senior pada kegiatan ini.

Ariyo Bimmo menyatakan merinding melihat empat badan peradilan berada dalam satu tempat secara bersama-sama, dan pada akhirnya merasa terharu melihat tekad dari seluruh peserta untuk benar-benar mewujudkan Mahkamah Agung RI dalam satu atap. Sedangkan Joko Upoyo Pribadi, SH, MH menyatakan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta, para hakim, panitera pengganti dan para admin IT atas dukungannya terhadap SIPP dan kelak setelah SIPP berhasil diterapkan di empat badan peradilan maka SIPP dapat menjadi salah satu pemersatu bagi empat badan peradilan. (ns)

15 Januari 2016

Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 kepada 4 Peradilan TUN

Bertepatan dengan hari ulang tahun Peradilan Tata Usaha Negara yang ke 25 yang jatuh pada hari Kamis, 14 Januari 2016, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (TUN) Jakarta, Pengadilan TUN Jakarta, Pengadilan TUN Samarinda, Pengadilan TUN Denpasar meraih sertifikat ISO 9001: 2008. Acara penyerahan sertifikat ISO tersebut dilaksanakan di Gedung Sekretariat MA  J. Jend. A. Yani Kav.58 Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri oleh Ketua Kamar TUN, para Hakim Agung kamar TUN, para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama Wilayah DKI Jakarta, dan pegawai di jajaran Pengadilan TUN.

Ketua Pengadilan Tinggi TUN DKI Jakarta, Dr. Istiwibowo,SH., MH dalam sambutannya berpesan bahwa sebagai lembaga publik pengadilan wajib mengutamakan pelayanan terbaiknya. Dengan Diterimanya sertifikat ISO ini menjadi bukti bahwa kita telah memberikan pelayanan prima berstandar internasional kepada masyarakat. Sebagai contoh makna sertifikat ISO bagi Pengadilan TUN Jakarta diantaranya memaksimalkan bagian-bagian yang sebelumnya mati suri. Bagi pengadilan yang sudah meraih sertifikasi ISO saya mohon komitmennya untuk mempertahankannya. Diperlukan sikap mau berbagi, kebersamaan, dan pengorbanan". Pada perayaan hari ulang tahun peradilan TUN yang ke 25 ini merupakan moment instropeksi dan perbaikan diri bagi peradilan TUN demi melayani publik

 Sekretaris MA, Nurhadi,SH.,MH dalam sambutannya menegaskan bahwa pelayanan prima wajib dimiliki oleh pengadilan sebagai langkah awal membangun excelent court. "kalau saat ini pengadilan berlomba untuk mendapatkan ISO 9001:2008, saya sudah bersiap untuk membangun excelent court". Pelayanan prima merupakan kunci dari kepercayaan publik.

Ketua Kamar TUN, DR. H. Imam Soebechi,SH.,MH menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang diraih para pengadilan TUN hari ini. "Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita mempertahankannya setelah meraih sertifikat ISO 9001: 2008. Sebab pengadilan akan terus dipantau oleh pihak pemberi sertifikat" ungkapnya.



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

Ucapan dan Berita Keluarga

  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1440
mod_vvisit_counterYesterday3799
mod_vvisit_counterThis week7727
mod_vvisit_counterAll days2733487

We have: 49 guests, 1 bots online
Your IP: 54.81.204.67
 , 
Today: Mei 31, 2016

peraturan-button