Jakarta, Ditjen Badilmiltun. Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Upaya Hukum Secara Elektronik Bagi Panitera Muda Perkara di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2024 pada hari Senin s.d. Rabu, tanggal 20 s.d. 22 Mei 2024 bertempat di Hotel Grand Orchardz, Jakarta. Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 40 (empat puluh) Peserta, 10 (sepuluh) Peserta mengikuti kegiatan secara luring dan 30 (tiga puluh satu) Peserta mengikuti kegiatan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Pada hari pertama, Kegiatan Bimbingan Teknis Upaya Hukum Secara Elektronik Bagi Panitera Muda Perkara di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2024 dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama yaitu Pengajuan Upaya Hukum Banding Melalui E-Court oleh Narasumber Yulian Safarudin, S.Kom (Pranata Komputer Ahli Pertama Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Republik Indonesia). Selanjutnya, pada sesi kedua pemaparan materi Filosofi dan Konsep Persidangan secara Elektronik oleh Dr. Aria Suyudi, S.H., LLM (Pengajar STHI JENTERA).

Pada hari kedua, Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga dengan judul Teknik Penyususnan Berita Acara persidangan secara elektronik oleh Dikdik Somantri, S.H., S.I.P., M.H. (Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta). Setelah sesi pemaparan materi oleh narasumber, dilanjutkan dengan Sesi Perumusan Kesimpulan yang merupakan hasil diskusi dan kesimpulan dari Bimbingan Teknis Pendalaman Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan Kepala Daerah Bagi Hakim Di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara. Hasil Rumusan Kesimpulan tersebut merupakan output dari Bimbingan Teknis Upaya Hukum Secara Elektronik Bagi Panitera Muda Perkara di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2024.

 

bimtek panitera tun1 bimtek panitera tun2
bimtek panitera tun3 bimtek panitera tun4

Jakarta, Ditjen Badilmiltun. Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer menggelar Bimbingan Teknis Administrasi Perkara dan Prosedur Upaya Hukum di Lingkungan Peradilan Militer, Bimbingan Teknis berlangsung dari hari Senin hingga Rabu, tanggal 20 hingga 22 Mei 2024, di Hotel Grand Orchardz, Jakarta. Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 40 (empat puluh) Peserta, terdiri dari 10 (delapan) Peserta hadir secara luring, dan  30 (tiga puluh) Peserta hadir secara daring melalui aplikai Zoom Meeting.

Pada hari pertama, Kegiatan Bimbingan Teknis Administrasi Perkara dan Prosedur Upaya Hukum di Lingkungan Peradilan Militer dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama berjudul Administrasi Perkara dan Prosedur Upaya Hukum Peninjauan Kembali oleh Dr. Albert Aries, S.H.,M.H.. 

Pada hari kedua, Kegiatan Bimbingan Teknis Administrasi Perkara dan Prosedur Upaya Hukum di Lingkungan Peradilan Militer dimulai dengan pemaparan materi kedua yang berjudul Administrasi Perkara dan Prosedur Upaya Hukum Kasasi Demi Kepentingan Hukum yang dibawakan oleh Brigjen TNI Eko Putro Hadi Prasetyo, S.H.,M.H.,MPaCS. (Wakil Oditur Jenderal TNI). Setelah pemaparan materi kedua selesai dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga yang berjudul Administrasi Perkara dan Prosedur Upaya Hukum Banding dan Kasasi yang disampaikan oleh Laksmana TNI Asep Ridwan Hasyim, S.H.,M.H. (Panitera Muda Militer Mahkamah Agung RI).

Rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis kemudian ditutup oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Dan Administrasi Peradilan Militer dan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara.

 DSC07747  DSC07775
 DSC07855  DSC07754
 DSC07812  DSC07897

Jakarta, Ditjen Badilmiltun. Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pendalaman Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan Kepala Daerah Bagi Hakim Di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara pada hari Senin s.d. Rabu, tanggal 20 s.d. 22 Mei 2024 bertempat di Hotel Grand Orchardz, Jakarta. Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 41 (empat puluh satu) Peserta, terdiri dari 8 (delapan) Peserta Hakim Tinggi Peradilan Tata Usaha Negara, 32 (tiga puluh dua) Peserta Hakim Tingkat Pertama Peradilan Tata Usaha Negara, dan 1 (satu) Peserta dari Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta. Acara dilaksanakan secara campuran/hybrid (daring dan luring), 10 (sepuluh) Peserta mengikuti kegiatan secara luring dan 31 (tiga puluh satu) Peserta mengikuti kegiatan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Pada hari pertama, Kegiatan Bimbingan Teknis Pendalaman Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan Kepala Daerah Bagi Hakim Di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama berjudul Tugas dan Wewenang KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Kepala Daerah oleh Irwan Supriadi Rambe, S.IP, M.Han. (Komisi Pemilihan Umum). Selanjutnya, materi Tugas dan Wewenang Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota dalam   Pemilihan Kepala Daerah oleh Reki Putra Jaya, S.H. (Bawaslu Provinsi DKI Jakarta).

Pada hari kedua, Kegiatan Bimbingan Teknis Pendalaman Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan Kepala Daerah Bagi Hakim Di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara diawali dengan pemaparan materi ketiga dengan judul materi Kewenangan Pengadilan Tinggi TUN dan Hukum acara dalam Sengketa Pemilihan Kepala Daerah oleh YM. Dr. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. (Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI). Setelah sesi pemaparan materi oleh narasumber, dilanjutkan dengan Sesi Perumusan Kesimpulan yang merupakan hasil diskusi dan kesimpulan dari Bimbingan Teknis Pendalaman Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan Kepala Daerah Bagi Hakim Di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara. Hasil Rumusan Kesimpulan tersebut merupakan output dari Kegiatan dari Bimbingan Teknis Pendalaman Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan Kepala Daerah Bagi Hakim Di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara.

Rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis ini diakhiri dengan Penyerahan Hasil Rumusan Bimbingan Teknis Pendalaman Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan Kepala Daerah Bagi Hakim Di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara oleh ibu Hj. Evita Mawulan Akyati, S.H., M.H. selaku Ketua Tim Perumus kepada Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara.

bimtek hakim tun4 bimtek hakim tun5
bimtek hakim tun6 bimtek hakim tun1
bimtek hakim tun2 bimtek hakim tun3

KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PADA PENGADILAN MILITER I-04 PALEMBANG DAN PENGADILAN MILITER II-10 SEMARANG

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Layanan Peradilan Di Lingkungan Peradilan Militer Tahun Anggaran 2021dilaksanakan secara bersamaan pada Pengadilan Militer I-04 Palembang dan Pengadilan Militer II-10 Semarang, kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tangal 21 s.d. 23 April 2021. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) Tim, untuk Monev Pengadilan Militer I-04 Palembang dilaksanakan oleh Kolenel Chk Anton M. Tambunan, S.H.., M.H. (Kasubdit Binminmil), Dandy Capriyanto H., S.H., M.M. (Kasubbag TU) dan Arianie Amanda (Kasi Tata Kelola), sedangkan Monev Pengadilan Militer II-10 Semarang dilaksnakan oleh Kolonel Chk (K) Jeli Rita, S.H., M.H. (Kasubdit Binganismil), Letkol Chk Datzun Riyanto, S.H. (Kasi Mutasi Panitera), Jefri Ardianto, S.T. (Kasubbag Perlengkapan), kedatangan tim monitoring dan evaluasi disambut baik oleh Kepala Pengadilan Militer. Sebelum kegiatan monev  dimulai terlebih dahulu masing-masing Ketua Tim melaksanakan pembinaan terhadap Personil Pengadilan Militer, selama 3 (tiga) hari pelaksanaan kegiatan monev dapat berjalan dengan baik dan lancar, semoga Peradilan Militer dapat mewujudkan peradilan yang Agung, Transparan dan Bermartabat.

Dokumentasi Pengadilan Militer I-04 Palembang

 

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca