Keluarga Besar Ditjen Badilmiltun mengucapkan

Taqabalallahu Minna Wa Minkum, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442H - 2021.

Semoga Allah Azza wa Jalla senantiasa melimpahkan rahmat dan berkahnya kepada kita.

Mari sambut hari kemenangan dengan penuh suka cita,

dan semoga kita semua masih diberi kesempatan menikmati ramadhan dan Idul Fitri tahun depan.

 

 

Dalam rangka pengisian Jabatan Hakim Yustisial (Asisten Non Panitera Pengganti) Mahkamah Agung Republik Indonesia, maka Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara akan menyelenggarakan Uji Kepatutan dan Kelayakan bagi Calon Hakim Yustisial (Asisten Non Panitera Pengganti) Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun Anggaran 2021

Untuk informasi lebih lanjut silahkan download link di bawah ini ..

Pemanggilan Peseta Uji Kepatutan dan Kelayakan bagi Calon Hakim Yustisial

Bertempat di Ruang Kepala Sub Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Tata Usaha Negara, Direktorat Jenderal Badilmiltun Lantai 10, Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Republik Indonesia, pada hari Jumat, tanggal 30 April 2021 pada pukul 13.00 WIB diselenggarakan Rapat Evaluasi Bulanan Sub Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Tata Usaha Negara.


Rapat evaluasi yang dipimpin oleh Yuda Aji Wibawa, S.H., M.H , selaku Kepala Sub Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Tata Usaha Negara tersebut membahas tindak lanjut atas permasalahan yang dihadapi sub direktorat pada rapat sebelumnya.


Selain itu, rapat evaluasi ini bertujuan untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada Bulan Mei 2021. Adapun tujuan pelaksanaan rapat evaluasi ini yaitu untuk memecahkan hambatan-hambatan dalam penyelesaian pekerjaan, mengevaluasi serta mereviu serta mencari solusi dalam peningkatan pelayanan kepada Tenaga Teknis Peradilan Tata Usaha Negara.


Rapat ini berjalan dengan kondusif serta diisi dengan pemaparan program kegiatan dari Seksi Mutasi Hakim dan Seksi Mutasi Panitera dan Juru Sita. Peng-update-an data tenaga teknis dan berbagai kebijakan terkait pelaksanaan administrasi kepegawaian tenaga teknis menjadi topik pada rapat evaluasi tersebut. Di samping itu, Kepala Sub Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Tata Usaha Negara turut mengajak seluruh jajaran Sub Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Tata Usaha Negara untuk menjaga kebersamaan dan kekompakan guna peningkatan kinerja sub direktorat.

Foto Dokumentasi.

WhatsApp Image 2021 04 30 at 14119 PM

WhatsApp Image 2021 04 30 at 14125 PM

WhatsApp Image 2021 04 30 at 14119 PM

WhatsApp Image 2021 04 30 at 14124 PM

WhatsApp Image 2021 05 04 at 16.04.18   WhatsApp Image 2021 05 04 at 16.04.18 (1)

Selasa, 04 Mei 2021 Bagian Perencanaan Ditjen Badilmiltun, Ditjen Badilag dan Ditjen Badilum mengadakan rapat koordinasi penyesuaian Klasifikasi Rincian Output (KRO) dan Rincian Output (RO) TA 2022 dimana untuk KRO dan RO harus memperhatikan output dan impact terhadap masyarakat. Jika output dan impact dari suatu kegiatan dirasakan langsung oleh masyarakat (Pelayanan Peradilan dalam penyelesaian perkara) maka kegiatan tersebut masuk dalam program Pelayanan dan Penegakan Hukum, namun jika sebaliknya maka kegiatan tersebut masuk dalam program Dukungan Manajemen.

 

Jakarta, 04 Mei 2021, Sehubungan dengan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 939/SEK/KU.00/4/2021 tanggal 7 April 2021 tentang Laporan Hasil Pemantauan atas Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksa Keuangan (BPK) sampai dengan Semester II Tahun 2020 pada Mahkamah Agung RI, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengadakan kegiatan Rapat Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Keuangan yang bertempat di Ruang Rapat Utama Ditjen Badilmiltun Lt. 9. 

WhatsApp Image 2021 05 04 at 16.01.58

Rapat di buka oleh Ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, dan selanjutnya oleh Bapak Drs. H. Ach. Jufri, S.H., M.H. selaku Sekretaris Ditjen Badilmiltun memaparkan Action Plan ( Rencana Aksi) Laporan Hasil Pemeriksaan (BPK) Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara diantaranya Pembahasan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK, Tindaklanjut Laporan Hasil Pemeriksaan BPK, Menyusun Matrik Temuan Pemeriksaan.

WhatsApp Image 2021 05 04 at 16.03.42

WhatsApp Image 2021 05 04 at 16.04.00

 

WhatsApp Image 2021 05 03 at 11.08.53

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengadakan kegiatan Rapat Evaluasi Standar Biaya Keluaran (SBK) Penyelesaian Perkara di Lingkungan Peradilan Militer pada Tanggal 3 Mei 2021 secara Daring.

Dalam Sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, menyampaikan bahwa Pimpinan Pengadilan harus mempunyai Program Kerja dan pelaksanaan anggaran harus efektif dan efisien. Melalui kegiatan Evaluasi ini diharapkan ada masukan dari satker kendala apa saja yang dihadapi. Kendala tersebut bisa dikoordinasikan langsung dengan Direktorat agar kinerja dari Peradilan Militer bisa lebih maksimal.

Dalam kegiatan Rapat Evaluasi SBK Penyelesaian Perkara Peradilan Militer tersebut dihadiri pula Narasumber dari Direktorat Jenderal Anggaran Subdirektorat Anggaran Bidang Hukum, Ibu Yuni Gunarti jabatan Kasubdit Anggaran Bidang Hukum, Bapak Eko Supriyanto jabatan Kepala Seksi Anggaran Bidang Hukum II, Bapak Ekosuma jabatan Analis Anggaran Ahli Muda, Bapak Aris Djoko Widodo jabatan Analis Anggaran Bidang Hukum Senior dan Bapak Ardi Artopo jabatan Analis Anggaran Ahli Pertama.

Narasumber dari DJA menyampaikan bahwa SBK dalam tahap perencanaan merupakan batas tertinggi, namun dalam pelaksanaan anggaran bisa menjadi batas tertinggi (besaran biaya yang tidak bisa dilampau) atau estimasi (Prakiraan besaran biaya yang dapat dilampaui, antara lain karena perubahan komponen tahapan dan/atau penggunaan satuan biaya yang dipengaruhi harga pasar) dapat dilampaui dengan catatan :

  • Proses pengadaannya dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  • Ketersediaan alokasi anggaran
  • Prinsip ekonomis, efisiensi, dan efektifitas

Setelah pemaparan dari DJA, dilanjutkan dengan Pemaparan dari Kepala Bagian Perencanaan Keuangan dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. dengan kesimpulan diharapkan satker dapat mengoptimalkan dalam pelaksanaan anggaran salah satunya dengan melakukan revisi anggaran.

WhatsApp Image 2021 05 03 at 09.03.29    WhatsApp Image 2021 05 04 at 09.30.58

 

Diakhir acara disampaikan kepada para peserta rapat agar dapat mereviu kembali usulan Standar Biaya Keluaran(SBK) Penyelesaian Perkara Peradilan Militer kemudian disampaikan ke bagian perencanaan dan keuangan melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. . Selanjutnya acara ditutup oleh Bapak Drs. H. Ach. Jufri, S.H., M.H. selaku Sekretaris Ditjen Badilmiltun

Untuk mendownload materi SBK silakan klik link di bawah ini:

Materi SBK  

Evaluasi SBK Penyelesaian Perkara Peradilan Miiter

Jakarta – ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id. pada hari senin tanggal 26 April 2021 bertembat di ruang rapat besar Lt. 9 Ditjen Badilmiltun, telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Aplikasi Perkantoran “Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Kerja Pada Sitsem Komputer dengan Strategi Collaboration Work Teams Software” yang dibuka langsung oleh Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara.

Dalam pembukaan serta amanat yang diberikan oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mengharapkan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi bagi seluruh peserta yang mengikutinya, kegiatan ini diharapkan bisa memancing diri kita untuk bisa mengambangkan diri sendiri serta diharapkan tidak ada yang menuntut posisi maupun jabatan tanpa adanya kompetensi pada dirinya.

Pelaksanaan pelatihan aplikasi perkantoran menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman dibidang IT lebih dari 10 tahun yaitu Yogi Kristiyanto, S.Kom., M.M.S.I. dengan memberikan 6 point utama dalam materinya :

Sesi 1 : Collaboration Work Teams Software

Pada sesi 1 narasumber mengarahkan kita untuk beralih supaya kita bisa meningkatkan kecepatan dalam bekerja dengan menggunakan google workspace, dimana salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah google sheets yang dapat digunakan secara bersamaan, sehingga bekerja bisa dilakukan secara bersama-sama dan akan mempersingkat waktu dalam pengerjaan.

Sesi 2 : Struktur File dan Folder

Pada sesi 2 narasumber menyampaikan untuk memperhatikan dalam pembuatan Maupun pengelolaan file dan folder agar kinerja komputer tetap maksimal, beberapa poin dalam melakukannya yaitu segera pindahkan file-file yang terdapat pada folder download, jika file pada folder tersebut sudah tidak digunakan lebih baik dihapus, jangan menyimpan file-file di desktop, jangan menggunakan terlalu banyak folder dan selalu bersihkan file-file temporary yang berada pada folder "local disk C -> Windows -> Temp" (Hapus semua file yang terdapat di dalamnya)

Sesi 3 : Keamanan Komputer

Pada sesi 3 menekankan perlunya pengamanan pada sistem komputer kita untuk meminimalisir resiko terhadap ancaman pada perusahaan atau institusi, serta melindungi dari kerentanan terjadinya kehilangan data dan gaungguan lainnya, beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan memasang antivirus pada computer, selalu melakukan update windows maupun software, selalu melakukan pergantian password secara berkala dan membackup data-data penting.

Sesi 4 : Keamanan Komputer dengan Domain Controller

Pada sesi 4 narasumber menganjurkan untuk dapat menggunakan Domain Controller yaitu server yang memberikan respon untuk request security authentication seperti permission, login dan sebagainya.

Sesi 5 : Akses File Share dengan NAS

Pada sesi 5 di dalam mengamankan data-data penting kita perlu adanya sistem penyimpanan data yang terpusat dimana dapat menggunakan sistem NAS yang memungkinkan penyimpanan dan pengambilan data melalui jaringan.

Sesi 6 : Troubleshoot Computer

Pada sesi 6 narasumber menambahkan beberapa cara didalam menangani komputer yang mengalami gangguan, seperti menangani komputer yang menyala tapi monitor kosong yaitu dengan cara membersihkan RAM yang terpasang pada komputer kita.

Materi diatas adalah gambaran besar yang telah disampaikan oleh narasumber dimana dalam prakteknya banyak manfaat dan ilmu-ilmu lain yang bisa digunakan, serta dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan aplikasi perkantoran juga tidak luput selalu menerapkan protocol kesehatan pencegahan covid-19 dengan selalu menggunakan masker, menggunakan handsanitizer dan menajaga jarak.

1 2
3 4

Jakarta – ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id. pada hari jumat tanggal 23 April 2021 di ruang data center telah dilaksanakan rapat pengelolaan website Ditjen Badilmiltun, sehubungan dengan adanya perubahan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Nomor 76/Djmt/KEP/4/2021 tentang Penunjukan Tim Pengelola Website.

Dalam pelaksanaannya rapat dihadiri oleh seluruh anggota pengelola website yang dipimpin langsung oleh Drs. H. Ach Jufri S.H., M.H. selaku Sekretaris Ditjen Badilmiltun, pimpinan rapat menyampaikan agar adanya perubahan pada website Ditjen Badilmiltun agar bisa menjadi website yang unggul dan memberikan arahan agar mencari cara agar semua berita atau konten yang ditampilkan bisa menjadi lebih menarik.

Berikut ini adalah garis besar dari hasil rapat pengelola website :

  • Pada website Ditjen Badilmiltun kedepaanya informasi-informasi dari website lain akan banyak di tambahkan ke dalamnya seperti informasi-informasi dari website Mahkamah Agung dan satker-satker dibawah Ditjen Badilmiltun.
  • Para pengelola website diharapkan juga berkontribusi untuk membantu mengelola akun-akun sosial media pada Ditjen Badilmiltun meskipun itu diluar tupoksi, besar harapnya untuk para pengelola website dapat mengembangkan dan aktif didalam website maupun sosial media.
  • Serba-Serbi pada website Ditjen Badilmiltun akan dihidupkan kembali dengan ketentuan harus melalui pemilihan sehingga artikel yang masuk adalah yang sudah layak untuk ditampilkan.

Garis besar diatas adalah sebagian dari ide-ide dan gagasan-gagasan yang telah di terima, para pengelola website didalam memberikan informasi menyadari masih terdapatnya banyak kekurangan dan kendala, untuk mengatasi itu semua para pengelola website mengharapakan dengan banyak diadakan pelatihan-pelatihan baik pelatihan website maupun sosial media.

 1  2
 3  4

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara melaksanakan evaluasi pelaksanaan anggaran periode triwulan I Tahun 2021 tanggal 12 April s.d 14 April 2021 dengan agenda

  • Evaluasi penyerapan belanja triwulan I tahun 2021
  • Permasalahan triwulan I dan strategi penyelesaian masalahnya
  • Proyeksi belanja sampai dengan akhir tahun 2021 dan strategi pencapaiannya

 

Penyerapan belanja triwulan I TA 2021 pada Ditjen Badilmiltun : 

REALISASIDokumentasi :

1

2

3

4

5

6

Share to Social Media