Rapat Evaluasi Standar Biaya Keluaran (SBK) Penyelesaian Perkara di Lingkungan Peradilan Militer

WhatsApp Image 2021 05 03 at 11.08.53

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengadakan kegiatan Rapat Evaluasi Standar Biaya Keluaran (SBK) Penyelesaian Perkara di Lingkungan Peradilan Militer pada Tanggal 3 Mei 2021 secara Daring.

Dalam Sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, menyampaikan bahwa Pimpinan Pengadilan harus mempunyai Program Kerja dan pelaksanaan anggaran harus efektif dan efisien. Melalui kegiatan Evaluasi ini diharapkan ada masukan dari satker kendala apa saja yang dihadapi. Kendala tersebut bisa dikoordinasikan langsung dengan Direktorat agar kinerja dari Peradilan Militer bisa lebih maksimal.

Dalam kegiatan Rapat Evaluasi SBK Penyelesaian Perkara Peradilan Militer tersebut dihadiri pula Narasumber dari Direktorat Jenderal Anggaran Subdirektorat Anggaran Bidang Hukum, Ibu Yuni Gunarti jabatan Kasubdit Anggaran Bidang Hukum, Bapak Eko Supriyanto jabatan Kepala Seksi Anggaran Bidang Hukum II, Bapak Ekosuma jabatan Analis Anggaran Ahli Muda, Bapak Aris Djoko Widodo jabatan Analis Anggaran Bidang Hukum Senior dan Bapak Ardi Artopo jabatan Analis Anggaran Ahli Pertama.

Narasumber dari DJA menyampaikan bahwa SBK dalam tahap perencanaan merupakan batas tertinggi, namun dalam pelaksanaan anggaran bisa menjadi batas tertinggi (besaran biaya yang tidak bisa dilampau) atau estimasi (Prakiraan besaran biaya yang dapat dilampaui, antara lain karena perubahan komponen tahapan dan/atau penggunaan satuan biaya yang dipengaruhi harga pasar) dapat dilampaui dengan catatan :

  • Proses pengadaannya dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  • Ketersediaan alokasi anggaran
  • Prinsip ekonomis, efisiensi, dan efektifitas

Setelah pemaparan dari DJA, dilanjutkan dengan Pemaparan dari Kepala Bagian Perencanaan Keuangan dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. dengan kesimpulan diharapkan satker dapat mengoptimalkan dalam pelaksanaan anggaran salah satunya dengan melakukan revisi anggaran.

WhatsApp Image 2021 05 03 at 09.03.29    WhatsApp Image 2021 05 04 at 09.30.58

 

Diakhir acara disampaikan kepada para peserta rapat agar dapat mereviu kembali usulan Standar Biaya Keluaran(SBK) Penyelesaian Perkara Peradilan Militer kemudian disampaikan ke bagian perencanaan dan keuangan melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. . Selanjutnya acara ditutup oleh Bapak Drs. H. Ach. Jufri, S.H., M.H. selaku Sekretaris Ditjen Badilmiltun

Untuk mendownload materi SBK silakan klik link di bawah ini:

Materi SBK  

Evaluasi SBK Penyelesaian Perkara Peradilan Miiter

Share to Social Media